Info Kesehatan

Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Krim Pemutih Kulit

Banyak wanita yang berlomba-lomba ingin memutihkan kulit mereka, hal ini dikarenakan banyak orang yang beranggapan bahwa Kulit putih kerap diasosiasikan dengan konsep cantik dan bahagia. Maka tidak sedikit orang yang mencari krim pemutih agar bisa membuat kulit mereka terlihat putih. Tapi taukah anda tidak sedikit produk pemutih yang beredar di pasaran mengandung bahan-bahan yang berpotensi membahayakan bagi kesehatan.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Krim Pemutih Kulit yang Beredar Bebas Dipasaran.

Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Krim Pemutih Kulit

Pada tahun 2013, BPOM mengamankan lebih dari 74.000 unit produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan tidak memiliki izin edar. Pada tahun yang sama, diumumkan 17 merek kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Sebagian besar di antaranya adalah produk-produk pemutih kulit.

Perlu anda ketahui bahwa pada umumnya krim pemutih kulit membuat produksi melanin berkurang, sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Dalam jangka panjang, penggunaannya dapat menyebabkan penuaan dini  dan kanker kulit. Dengan berkurangnya kadar melanin, dampak sinar ultraviolet terhadap kulit meningkat. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan mempercepat terjadinya keriput serta berpotensi memicu kanker kulit.

Berikut Beberapa Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Krim Pemutih Kulit

Hidrokinon
Banyak krim pemutih yang mengandung Hidrokinon. Taukah anda apa itu Hidrokinon ? Hidrokinon adalah bahan kimia yang digunakan pada proses cuci cetak foto dan berguna sebagai zat penstabil dalam minyak, cat, pernis, serta bahan bakar kendaraan.

Di Indonesia, produk pemutih yang mengandung hidrokinon sempat diperbolehkan beredar dengan kadar hidrokinon maksimal hingga 2%. Namun sejak tahun 2008, melalui Peraturan Kepala Badan POM Republik Indonesia Nomor : HK.00.05.42.1018 tentang Bahan Kosmetik, kandungan hidrokinon di dalam produk pemutih tidak boleh digunakan sama sekali.

Penggunaan hidrokinon dalam kadar tinggi  atau yang berkelanjutan dapat memicu Hiperpigmentasi, Vitiligo sertaOkronosis eksogen.

Kombinasi Hidrokinon, Kortikosteroid, dan Retinoic Acid
Kortikosteroid dan retinoic acid digunakan secara umum dalam pengobatan beberapa masalah kulit seperti hiperpigmentasi (bercak-bercak hitam pada kulit). Tetapi jika dicampur dengan hidrokinon, produk tersebut dianggap tidak aman.

Dalam jangka panjang dan kadar berlebihan, penggunaannya dapat menyebabkan penipisan kulit dan membuat kulit berubah menjadi merah muda.

Merkuri (air raksa)
Merkuri adalah bahan aktif yang berdampak dalam pengelupasan epidermis kulit. Dalam jangka panjang, penggunaannya dapat menyebabkan:

  • Rusaknya fungsi ginjal, sistem saraf, dan timbul masalah psikologis.
  • Kelainan fungsi otak pada janin dari ibu pengguna pemutih berbahan merkuri.

Rhododenol
Rhododenol adalah bahan kimia alami dari kulit pohon birch putih yang mengurangi produksi melanin. Sebelumnya terdapat banyak produk produk yang mengandung rhododenol dijual bebas dipasaran. produk-produk yang mengandung rhododenol dan sempat dijual di Indonesia ini akhirnya ditarik dari pasaran sejak bulan Juli 2013 lalu. Penarikan ini dilatarbelakangi laporan sejumlah konsumen yang mengeluh mengalami depigmentasi atau bercak-bercak putih pada kulit.

Steroid
Steroid, kadang disebut juga corticosteroid, adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, contohnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal. Jika dikonsumsi dalam kadar tinggi atau secara berkelanjutan, steroid yang tergolong kuat ini dapat menyebabkan efek samping seperti penipisan pada lapisan kulit. Jika kulit menjadi terlalu tipis, orang tersebut akan lebih mudah tergores atau terluka.

sumber : http://www.alodokter.com/dampak-buruk-pemutih-kulit

Itulah beberapa kandungan berbahaya yang terkandung pada krim pemutih. Namun bagi anda yang ingin memutihkan kulit, tidak perlu khawatir lagi. Karena kini telah hadir Glucoberry Herbal yang merupakan krim pemutih terbaik yang menggunakan bahan herbal alami pilihan yang aman tanpa mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai macam jenis efek samping yang dapat menggangu kesehatan.

Glucoberry merupakan nutrisi terbaik untuk kulit yang memiliki manfaat mampu membantu mencerahkan kulit, dapat menetralisir radikal bebas, mampu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan kulit serta mencegah keriput pada wajah secara alami.

Glucoberry adalah produk herbal perawatan kulit yang terbuat dari keseluruhan bahan herbal alami pilihan yang memiliki kandungan khasiat sangat baik sekali untuk perawatan kulit beberapa diantaranya yaitu L-Glutatione, Collagen & Elastin, Strawberry Extract, protein nabati, vitamin C serta Chocolate Powder. Diproses dengan menggunakan bioteknolgi canggih modern saat ini, serta dikendalikan langsung oleh para ahli dibidangnya. Sehingga kandungan efektif dari setiap bahannya dapat tetap terjaga dengan baik, serta konsistensi akan khasiat Glucoberry ini dapat tetap terjaga dengan baik.

Untuk info lebih lengkapnya lagi mengenai Glucoberry Silakan Klik Gambar Dibawah ini.Glucoberry

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Krim Pemutih Kulit. Semoga saja informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memilih produk perawatan kulit yang benar benar aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit.

Kandungan Berbahaya Yang Terdapat Dalam Krim Pemutih Kulit

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *